Kamis, 25 Oktober 2012

TIDAK SELAMANYA KESALAHAN ADALAH HAL YANG BURUK



Didalam permainan domino tersebut kita tidak bisa tau apakah kita akan dapatkan nilai pada putaran pertama sesaat setelah batu domino dibagikan, bahkan pada saat kita membuka batu milik kita. Sungguhpun batu kita bagus namun perjalanan permainan juga sangat menentukan. Strategi dan kecermatan kita untuk menahan batu lawan dan juga membunuh batu kita sendiri agar teman kita bisa memenangkan permainan pun menjadi factor dalam menentukan kemenangan. Egois, emosional, kurang percaya diri, kekhawatiran, terlalu terburu-buru dan banyak lagi yang harus kita kendalikan dalam permainan ini untuk dapat menjadi pemenang.
Lalu bagaimana dengan kehidupan dan filosofi domino tersebut. Satu hal yang kami diskusikan, apakah ketika kita kalah dalam permainan tersebut membuat kita menjadi stroke karena memikirkan kekalahan tersebut, atau tidak makan seharian dan sebagainya, kalaupun ada mungkin saat itu atau beberapa jam setelah pertandingan usai, dan biasanya lawan dan kawan kita selalu membahas tentang apa yang telah dilakukan tadi. Dari sanalah akhirnya kita dapat belajar untuk menjadi pemenang di hari berikutnya karena kita tau kesalahan yang kita lakukan.
Sahabat…  sekali lagi hidup ini juga adalah permainan, yang harus dimainkan dengan bijak, mengatur semua kondisi pada saat yang tepat, malakukannya dengan cermat dan kalaupun kita kalah dan gagal, belajarlah dari setiap kesalah tersebut untuk menjadi pemenang dihari atau saat yang akan datang. Setiap apa yang telah kita lakukan janganlah menjadi sesuatu terlalu membebani pikiran kita atau membuat diri kita susah, namun selalulah evaluasi dan perbaiki Insya Allah kita akan berhasil.
Sebuah kesalahan yang dilakukan Michael Jordan tidak serius dalam kuliah di Universitas California, namun akhirnya UCLA menjadi terkenal salah satunya karena Michael Jordan. Dan masih banyak lagi orang sukses didunia ini bahkan di Indonesia sendiri dimana sebelumnya mereka juga melakukan kesalahan.
“ jangan pernah takut atas semua kesalahan yang kita lakukan, tapi takutlah karena kita tidak mampu memperbaikinya dan bangkit untuk meraih harapan. “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar