Senin, 15 Oktober 2012

Olahraga pagi hari seperti lari pagi sangat baik untuk menjaga kesehatan dan membangkitkan energi sepanjang hari. Sebelum lari pagi, ada baiknya Anda mengisi perut dulu dengan makanan-makanan ringan, agar tidak mengalami kram atau lemas di tengah jalan.
Lari atau jalan pagi dengan perut kosong dapat membuat Anda tidak memiliki energi, sedangkan makan tepat sebelum lari atau makan terlalu banyak bisa menyebabkan mual atau masalah pencernaan. Makanlah setidaknya satu jam sebelum melakukan olahraga pagi.

Berikut nutrisi yang bagus dikonsumsi sebelum lari pagi, seperti dilansir Livestrong, Selasa (22/5/2012):
1. Pisang
Pisang menawarkan pilihan makanan cepat yang mudah dicerna sebelum lari pagi. Pisang menyediakan karbohidrat, magnesium dan kalium yang bermanfaat bagi pelari.
Karbohidrat memberikan energi, sedangkan kalium dan magnesium bekerja melawan kram dan mengganti zat yang hilang melalui keringat. Kandungan air yang tinggi dalam buah juga membantu mengatasi dehidrasi.
2. Bagel dan selai kacang
Bagel gandum merupakan sumber karbohidrat yang bekerja dengan baik sebagai makanan sebelum lari pagi. Lapisan tipis selai kacang di atas bagel bisa memberikan beberapa protein untuk membantu Anda merasa kenyang. Jauhi mentega karena terlalu banyak lemak dapat menyebabkan masalah pencernaan.
3. Oatmeal
Oatmeal adalah makanan sarapan yang sehat untuk bahan bakar lari pagi Anda, menyediakan karbohidrat dan protein. Untuk mempermanis oatmeal, tambahkan buah seperti buah pisang. Untuk menghemat waktu, masak batch besar oatmeal sebelumnya. Panaskan dalam microwave yang kemudian bisa dimakan sebelum lari pagi Anda sehingga Anda bisa keluar rumah lebih cepat.
4. Yogurt
Semua yoghurt mengandung protein, tetapi yoghurt Yunani mengandung lebih banyak dari biasa. Ini merupakan pilihan yang tepat sebelum lari pagi untuk memasok tubuh dengan karbohidrat. Campurkan yoghurt plain dengan buah segar untuk pilihan sehat.
5. Cairan
Hidrasi adalah komponen penting untuk mempersiapkan kegiatan apapun. Minum banyak air sebelum lari pagi untuk melembabkan tubuh. Lanjutkan air minum selama olahraga untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh.
karena dengan kita berlari pagi secara rutin maka jantung kita akan aktiv memompa darah keseluruh tubuh kita shingga kita akan merasa segar dan tidak mudah terserang penyakit.
menurut saya waktu yang baik untuk kita melakukan olahraga lari pagi adalah dari pukul 06 00 sampai pukul 0700,karena pada waktu tertentu udara dibumi masih terasa sejuk dan belum tercampur dengan polusi yang disebabkan dari asap kendaraan yang dapat merusak saluran pernafasan kita(paru-paru), maka dari itu usahakan lari pagi diwaktu yang tepat karena akan mempengaruhi hasilnya nanti.
cara melakukan olahraga lari yang benar menurut saya adalah dengan hitungan minimal 1000 langkah dihitung dari kaki kiri kita dan jangan berhenti(istirahat) sebelum 1000 langkah dan juga jangan lebih dari itu ,karena sebabnya nanti tubuh kita akan terasa lemah dan tak bergairah lagi untuk melakukan aktivitas hari ini.
efek-efek dan dampak yang ditimbulkan dari lari pagi menurut saya ialah:
1.badan terasa segar dan lebih berisi,
2.lebih mudah untuk bernafas,
3.suara terdengar lebih lantan,
4.meninggikan badan,
5.dampaknya dapat menimbulkan kantuk yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar